Berita PJKR

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran & Strategi Pencapaian


Visi

mewujudkan Program Studi yang unggul dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan calon pendidik matematika profesional yang berwawasan kebangsaan dan berjiwa wirausaha di tingkat nasional tahun 2022.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan calon pendidik matematika profesional dan berdaya saing tinggi yang berwawasan kebangsaan dan berjiwa kewirausahaan;
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian pendidikan matematika yang eksistensi dan kemanfaatannya diakui oleh masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam memanfaatkan iptek bidang pendidikan matematika yang berdaya guna dan tepat guna untuk masyarakat;
  4. Melaksanakan kerja sama yang produktif, bermanfaat dan berkelanjutan baik dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan lembaga/instansi negeri maupun swasta di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
Tujuan
  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran dengan baik sehingga menghasilkan calon pendidik matematika profesional dan berdaya saing tinggi yang berwawasan kebangsaan dan jiwa kewirausahaan;
  2. Terjadinya peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian pendidikan matematika yang terpublikasikan pada jurnal nasional maupun internasional sehingga kemanfaatannya diakui oleh masyarakat luas;
  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat dalam memanfaatkan iptek bidang pendidikan matematika yang berdaya guna dan tepat guna untuk masyarakat;
  4. Terjalinnya kerja sama yang saling menguntungkan yang mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Program Studi Pendidikan Matematika dan program kerja instansi terkait.
Sasaran jangka pendek (2016 – 2018)
  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran mengarah dengan baik sehingga menghasilkan calon pendidik matematika profesional dan berdaya saing tinggi yang berwawasan kebangsaan dan jiwa kewirausahaan;
  2. Setiap dosen mampu melakukan penelitian bidang pendidikan matematika yang terpublikasikan pada prosiding nasional 50%, jurnal nasional 25%, prosiding internasional 15%, dan jurnal internasional 10%, sehingga kemanfaatannya diakui oleh masyarakat luas;
  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat dalam memanfaatkan iptek terbarukan dalam bidang pendidikan matematika yang berdaya guna dan tepat guna untuk kesejahteraan masyarakat;
  4. Terjalin kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Program Studi Pendidikan Matematika sebagai pelaksanaan program pada instansi terkait.
Sasaran jangka menengah (2019-2020)
  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran mengarah dengan baik sehingga menghasilkan calon pendidik matematika profesional dan berdaya saing tinggi yang berwawasan kebangsaan dan jiwa kewirausahaan;
  2. Setiap dosen mampu melakukan penelitian bidang pendidikan matematika yang terpublikasikan pada: prosiding nasional 25%, jurnal nasional 25%, prosiding internasional 25%, dan jurnal internasional 25%, sehingga kemanfaatannya diakui oleh masyarakat luas;
  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat dalam memanfaatkan iptek terbarukan dalam bidang pendidikan matematika yang berdaya guna dan tepat guna untuk kesejahteraan masyarakat;
  4. Terjalinnya kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Program Studi Pendidikan Matematika dan sebagai pelaksanaan program pada instansi terkait.
Sasaran Jangka Panjang (2021-2022)
  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran dengan baik sehingga menghasilkan calon pendidik matematika profesional dan berdaya saing tinggi yang berwawasan kebangsaan dan jiwa kewirausahaan;
  2. Setiap dosen mampu melakukan penelitian pendidikan matematika yang terpublikasikan pada jurnal nasional 50% dan jurnal internasional 50% sehingga kemanfaatannya diakui oleh masyarakat luas;
  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat dalam memanfaatkan iptek terbarukan bidang pendidikan matematika yang berdaya guna dan tepat guna untuk masyarakat;
  4. Terjalinnya kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Program Studi Pendidikan Matematika dan pelaksanaan program pada instansi terkait.
Strategi Pencapaian Sasaran Jangka Pendek (2016 – 2018)

A. Pendidikan dan Pengajaran

  1. Secara bergilir menugaskan minimal 2 orang dosen per tahun untuk mengikuti pendidikan ke jenjang S-3, sehingga tahun 2020 dosen bergelar doktor mencapai 30%;
  2. Updating kurikulum dan silabus secara reguler sesuai dengan KKNI yang memuat tujuan institusi dan kearifan lokal;
  3. Updating Silabus dan SAP tiap tahun;
  4. Diberikan pendidikan dan pelatihan bela negara kepada mahasiswa;
  5. Memberikan mata kuliah kewirausahaan yang wajib ditempuh mahasiswa;
  6. Meningkatkan kualitas sarana prasarana pembelajaran.

B. Penelitian

  1. Dosen senior memberikan motivasi dan pendampingan kepada dosen junior untuk melakukan penelitian dan publikasi ilmiah pada jurnal nasional maupun internasional;
  2. memberikan dana yang memadai untuk melakukan penelitian dan memberikan rewards kepada dosen yang berhasil mempublikasikan karya ilmiahnya;
  3. mendorong dosen junior mengikuti pertemuan ilmiah tingkat nasional minimal 1 kali dalam setahun, dan dosen senior mengikuti pertemuan ilmiah tingkat internasional 1 kali dalam setahun.

C. Pengabdian kepada masyarakat

  1. Dosen yang memiliki iptek pendidikan matematika terbarukan melakukan estafet kepada  dosen yang lain, untuk dilanjutkan kepada masyarakat yang memerlukan;
  2. Mendorong dosen mengabdikan penguasaan ipteknya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui IbM dan IbK.

D. Kerja Sama
Memanfaatkan alumni dan stakeholder.

Strategi Pencapaian Sasaran Jangka Menengah (2019 – 2020)

A. Pendidikan dan Pengajaran

  1. Mendorong 2 orang dosen yang sudah bergelar doktor menjadi guru besar;
  2. Secara bergilir menugaskan minimal 2 orang dosen per tahun untuk mengikuti pendidikan ke jenjang S-3, sehingga tahun 2022 dosen bergelar doktor mencapai 50%;
  3. Updating kurikulum dan silabus secara reguler sesuai dengan KKNI yang memuat tujuan institusi dan kearifan lokal;
  4. Updating Silabus dan SAP tiap tahun;
  5. Diberikan pendidikan dan pelatihan bela negara kepada mahasiswa;
  6. Memberikan mata kuliah kewirausahaan yang wajib ditempuh mahasiswa;
  7. Meningkatkan kualitas sarana prasarana pembelajaran.

B. Penelitian

  1. Dosen senior memberikan motivasi dan pendampingan kepada dosen junior untuk melakukan penelitian dan publikasi ilmiah pada jurnal nasional maupun internasional;
  2. memberikan dana yang memadai untuk melakukan penelitian dan memberikan rewards kepada dosen yang berhasil mempublikasikan karya ilmiahnya;
  3. mendorong dosen yunior mengikuti pertemuan ilmiah tingkat nasional minimal 1 kali dalam setahun, dan dosen senior mengikuti pertemuan ilmiah tingkat internasional 1 kali dalam setahun.

C. Pengabdian kepada masyarakat

  1. Dosen yang memiliki iptek pendidikan matematika terbarukan melakukan estafet kepada  dosen yang lain, untuk dilanjutkan kepada masyarakat yang memerlukan
  2. Mendorong dosen mengabdikan penguasaan ipteknya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui IbM, IbK, IbE, dan IbW.

D. Kerja Sama

Memanfaatkan alumni dan stakeholder serta menindaklanjuti kerja sama yang telah dibangun oleh Universitas, Fakultas dan perseorangan dosen pendidikan matematika.

Strategi Pencapaian Sasaran Jangka Panjang (2021 – 2022)

A. Pendidikan dan Pengajaran

  1. Mendorong 2 orang dosen yang sudah bergelar doktor menjadi guru besar, sehingga terdapat 4 orang guru besar;
  2. Secara bergilir menugaskan minimal 2 orang dosen per tahun untuk mengikuti pendidikan ke jenjang S-3, sehingga tahun 2024 dosen bergelar doktor mencapai 65%;
  3. Updating kurikulum dan silabus secara reguler sesuai dengan KKNI yang memuat tujuan institusi dan kearifan lokal;
  4. Updating Silabus dan SAP tiap tahun;
  5. Diberikan pendidikan dan pelatihan bela negara kepada mahasiswa;
  6. Memberikan mata kuliah kewirausahaan yang wajib ditempuh mahasiswa;
  7. Meningkatkan kualitas sarana prasarana pembelajaran.

B. Penelitian

  1. Dosen senior memberikan motivasi dan pendampingan kepada dosen junior untuk melakukan penelitian dan publikasi ilmiah pada jurnal nasional maupun internasional;
  2. Memberikan dana yang memadai untuk melakukan penelitian dan memberikan rewards kepada dosen yang berhasil mempublikasikan karya ilmiahnya;
  3. Mendorong dosen yunior mengikuti pertemuan ilmiah tingkat nasional minimal 1 kali dalam setahun, dan dosen senior mengikuti pertemuan ilmiah tingkat internasional 1 kali dalam setahun.

C. Pengabdian kepada masyarakat

  1. Dosen yang memiliki iptek pendidikan matematika terbarukan melakukan estafet kepada dosen yang lain, untuk dilanjutkan kepada masyarakat yang memerlukan
  2. Mendorong dosen mengabdikan penguasaan ipteknya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui IbM, IbK, IbE, IbW dan IbLink.

D. Kerja Sama

Memanfaatkan alumni dan stakeholder serta menindaklanjuti kerja sama yang telah dibangun oleh Universitas, Fakultas dan perseorangan dosen pendidikan matematika.