Roadmap Research Group etnomatematika

Pendahuluan

Kelompok Keahlian Etnomatematika memiliki peta riset dan inovasi yang bergerak dari riset dasar, riset pengembangan, dan riset terapan. Fokus kajian riset dasar meliputi eksplorasi etnomatematika pada budaya dan tradisi-tradisi adat di Indonesia dengan menggunakan kerangka etnomatematika D’Ambrosio dan Bishop. Fokus kajian riset pengembangan meliputi transformasi kontekstual dan konseptual ke dalam modul ajar dan model pembelajaran berbasis multikultur dan sosiomatematika. Selanjutnya, pada tahap riset terapan berfokus pada penerapan/integrasi etnomatematika ke dalam pembelajaran multikultur dan sosiomatematika dengan muara kontribusi konteks dan konten dalam literasi matematika.

Riset Terkini

Riset Terkini Kelompok Keahlian Etnomatematika dengan judul Proses Berpikir Matematis Ahli Bangunan Akurasi Miskonsepsi dan Transformasi Kontekstual dan Konseptual ke dalam Bahan Ajar Berbasis Literasi Matematika

Tim Kelompok Keahlian

Dr. Mega Nur Prabawati, S.Pd., M.Pd.

[email protected]

Fokus Riset:
Aktivitas Matematika dalam Berbagai Tradisi Adat (Indigenous)

Google Scholar | SINTA | SCOPUS | Penelitian | Pengabdian | HaKI

DR. Eko Yulianto, S.Pd., M.Pd.

[email protected]

Fokus Riset:
Kajian Semiotika dan Antropologi dalam Etnomatematika

Google Scholar | SINTA | SCOPUS | Penelitian | Pengabdian | HaKI

Dedi Nurjamil, Drs., M.Pd.

[email protected]

Fokus Riset:
Nilai-nilai Filosofis dan Perspektif Etik-Emik dalam Etnomatematika

Google ScholarPenelitian | Pengabdian | HaKI

Dedi Muhtadi, S.Pd., M.Pd.

[email protected]

Fokus Riset:
Aktivitas Matematika dalam Berbagai Tradisi Adat (Indigenous)

Google Scholar | SINTA | SCOPUSPenelitian | Pengabdian | HaKI

Daftar Judul Penelitian

  1. Utami, R. N. F., Muhtadi, D., & Solihah, S. (2024). Exploring Jepara Woodcarving Art As An Alternative For Culture-Based Mathematics Learning. Ethnomathematics Journal5(2).
  2. Yulianto, E., Muhtadi, D., Wistaman, S.T., Nurjamil, D., (2024). Proses Berpikir Matematis Ahli Bangunan: Akurasi, Miskonsepsi, dan Transformasi Kontekstual dan Konseptual ke dalam Bahan Ajar Berbasis Literasi Matematika.
  3. Rukanda, N., Yuliani, A., Noor, A. H., Mustika, I., Prabawati, M. N., Mulyani, E., … & Hoeriyah, S. (2024). Pengembangan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Bayfa Cendekia Indonesia.
  4. Yulianto, E., & Mansyur, M.Z. (2023). Tinjauan Etic dan Emic dalam Ekspose Aktivitas–aktivitas Matematika: Studi pada Hasil Riset Etnomatematika berbasis Masyarakat Adat.
  5. Yulianto, E. (2023). Eksistensi Matematika Dan Proses Berpikir Ikhwan Thoriqoh Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Ma’had Suryalaya-Sirnarasa Dalam Pemecahan Masalah: Etnomatematika, Semiotika, dan Grounded Theory (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
  6. Utami, R. N. F., Muhtadi, D., & Hermanto, R. (2023). Mathematical Aesthetics Of Jepara’s Carving. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)5(1), 1-10
  7. Mulyani, E., & Prabawati, M. N. (2023). Rumah Adat Kampung Naga Ditinjau Dari Perspektif Etnomatematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika12(1), 1006-1017.
  8. Shopia, S. A., Nurjamil, D., Yulianto, E., & Mansyur, M. Z. (2023). Studi Etnomatematika Pada Amalan Wirid Yaa Lathif Di Thoriqoh Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Ma’ Had Suryalaya. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)5(1), 99-116.
  9. Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2022). Etnomatematika: Filosofi dan Konsep Matematis Kalender Sunda. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika11(3), 369-378.
  10. Prabawati, M. N., Muzdalipah, I., & Octafiyani, O. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Arsitektur Keraton Kanoman Cirebon Area Siti Inggil. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)4(2), 204-216.
  11. Yulianto, E., Mansyur, M. Z., Jayusman, I., & Miftahudin, Z. (2022). The Way Sundanese Give Names To Their Baby: Cultural Anthropology View In Ethnomathematical Studies. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)4(2), 263-280.
  12. Marliana, D. S., Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika dalam Menentukan Nama Anak pada Masyarakat Sunda di Wilayah Garut. Jurnal Kongruen1(3), 212-223.
  13. Yulianto, E., Wahyudin, W., Tafsir, A., & Prabawanto, S. (2021). Contrasting mathematical phenomena and concepts in ethnomathematics through etic and emic approaches: A study of dhikr jahar practices in tariqa qodiriyah naqsyabandiyah ma’had Suryalaya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika12(1), 193-218.
  14. Muhtadi, D. (2021). Bahasa Matematis dalam Penentuan Waktu Siang-Malam menurut Tradisi Sunda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika1(2), 263-274.
  15. Zaenuri, M., Muhtadi, D., Hidayah, N., Utami, R., Dianita, N. K., Istihapsari, V., & Kusuma, J. W. (2021). Etnomatematika Nusantara. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
  16. Nurjamil, D., Muhtadi, D., & Habibah, A. (2021). Studi etnomatematika: mengungkap konsep matematika pada kerajinan anyaman bambu di kecamatan cigalontang kabupaten tasikmalaya. Didactical Mathematics3(1), 64-81.
  17. Darto, D. D., Mudasir, M. M., Thahir, M. T. M. T. M., & Muhtadi, D. M. D. M. (2021, October). Malay Ethnomathematics: Analysis Of Mathematics Learning Problem Solving Based On Riau Malay Culture. In International Conference On Mathematics And Mathematics Education (ICoMMEd 2021).
  18. Yulianto, E., Prabawanto, S., & Tafsir, A. (2020, March). Some Ethnomathematics Interpretations about the Practice of Dhikr Jahar of Tariqa Qodiriyah Naqsyabandiyah Ma’had Suryalaya. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 4, p. 042032). IOP Publishing.
  19. Utami, R. N. F., Hermanto, R., Muhtadi, D., & Sukirwan, S. (2021). Etnomatematika: eksplorasi seni ukir Jepara. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)7(1), 23-38
  20. Muhtadi, D. (2021). Bahasa Matematis dalam Penentuan Waktu Siang-Malam menurut Tradisi Sunda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika1(2), 263-274.
  21. Nurjamil, D., Muhtadi, D., & Habibah, A. (2021). Studi etnomatematika: mengungkap konsep matematika pada kerajinan anyaman bambu di kecamatan cigalontang kabupaten tasikmalaya. Didactical Mathematics3(1), 64-81
  22. Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: eksplorasi candi borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika)6(1), 13-26.
  23. Muslim, S. R., & Prabawati, M. N. (2020). Studi Etnomatematika terhadap Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika9(1), 59-70.
  24. Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Dari Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Prosiding Sesiomadika2(1e)
  25. Yulianto, E., Prabawanto, S., Sabandar, J., & Wahyudin, W. (2019). Pola matematis dan sejarah batik sukapura: Sebuah kajian semiotika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)5(1), 15-30
  26. Nurjamil, D., & Nurhayati, E. (2019). Eksplorasi unsur matematika dalam pembuatan batik khas Tasikmalaya. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan5(2), 111-119.
  27. Yulianto, E., Santika, S., & Arumsari, C. (2019, October). Trends for ‘wiskunde’or ‘wiskunst’? the case of students’ problem solving on elementary math problem (a little practical review from ‘revisiting mathematics education’). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1315, No. 1, p. 012038). IOP Publishing.
  28. Nisa, F. F., Muhtadi, D., & Sukirwan, S. (2019). Studi etnomatematika pada aktivitas urang sunda dalam menentukan pernikahan, pertanian dan mencari benda hilang. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)5(2), 63-74.
  29. Fitriani, I. A., Somatanaya, A. A. G., Muhtadi, D., & Sukirwan, S. (2019). Etnomatematika: Sistem operasi bilangan pada aktivitas masyarakat jawa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)1(2), 94-104
  30. Muzdalipah, I., & Yulianto, E. (2018). Ethnomathematics study: The technique of counting fish seeds (Osphronemus gouramy) of sundanese style. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang2(1), 25-40.
  31. Muzdalipah, I., & Yulianto, E. (2018). Ethnomathematics study: The technique of counting fish seeds (Osphronemus gouramy) of sundanese style. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang2(1), 25-40.
  32. Muhtadi, D., & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns. Journal on Mathematics Education8(2), 185-198.
  33. Nurjamil, D., Prabawati, M. N., & Aulia, V. F. (2017). Tari Sampurasun Purwakarta.
  34. Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolah kabupaten tasikmalaya. Infinity Journal5(1), 25-31.
  35. Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolah kabupaten tasikmalaya. Infinity Journal5(1), 25-31.