PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI HASIL PENELITIAN

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi
Tasikmalaya, 3 Desember 2016


ISBN : 978-6029250-35-0
Tim Editor : Ebih AR Arhasy, Nani Ratnaningsih, Supratman, Redi Hermanto
Tata Letak & Desain Sampul : Satya Santika
Penerbit : FKIP Universitas Siliwangi
Alamat Penerbit : Jalan Siliwangi No. 24 Kotak Pos 164 Telp (0265) 323532 : Tasikmalaya-46115 email: [email protected]

Download: Cover Depan, Daftar Isi, Cover Belakang


PARA PENULIS


Pemaduan Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogi dalam Kurikulum Pendidikan Matematika
Ipung Yuwono (hal. 1-8)
-->view file

Kontribusi Penelitian Pendidikan Matematika dalam Meningkatkan Pengajaran dan Kesejahteraan Dosen
Supratman (hal. 7-12)
-->view file

Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya
Yoni Sunaryo (hal. 13-21)
-->view file

Model Desain Didaktis pada Pembelajaran Matematika dan Pemecahan Masalah Siswa
Ida Nuraida (hal. 22-30)
-->view file

Pendekatan Laplace dalam Penaksiran Bayesian Perbandingkan MCMC dengan INLA
I Gede Nyoman Mindra Jaya1), Zulhanif2), Bertho Tantular3) (hal. 31-38)
-->view file

Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dengan Model Pembelajaran CMT (Connected Mathematics Task)
Irena Puji Luritawaty1), Resi Gustiyani Rahmawati2) (hal. 39-45)
-->view file

Aplikasi Naïve Bayes Calssifier dalam Menentukan Peluang Kemenangan Pemain dalam Suatu Pertandingan (Study Kasus: Game Age Of Empire 2)
Zulhanif1), Bertho Tantular2) , Gumgum Darmawan3) , I.G Mindra Jaya4), Neneng Sunengsih5) (hal. 46-49)
-->view file

Kontribusi Kemampuan Pemahaman Matematik terhadap Hasil Belajar Teori Peluang Menggunakan Pembelajaran Elaborasi
Sri Tirto Madawistama1), AA.Gde. Somatanaya2) (hal. 50-58)
-->view file

Penggunaan Metode Restricted Maximum Likelihood dalam Penaksiran Parameter Model Linier Hierarki
Bertho Tantular1), Zulhanif2), I Gede Nyoman Mindra Jaya3), Gumgum Darmawan4) (hal. 59-67)
-->view file

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik Melalui Model Probing-Prompting Learning (Penelitian di Kelas VIII MTs Ash-Shiddiqin Cikoneng Ciamis)
Nunu Husnul Wafa1), Depi Setialesmana2) (hal. 68-76)
-->view file

Menentukan Tingkat Kerugian pada Jaringan Jackson dengan Enam Workstation Akibat Fasilitas yang Menganggur
Sudartianto1), Gumgum Darmawan2), Budhi Handoko3) (hal. 77-83)
-->view file

Pedagogical Content Knowledge (PCK): Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Profesional
Dedi Muhtadi (hal. 84-89)
-->view file

Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Gaya BelajarTerhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa
Linda Herawati1); Vepi Apiati2) (hal. 90-97)
-->view file

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual
Dudu Dumadi (hal. 98-105)
-->view file

Etnomatematika Masyarakat Kampung Adat Kuta (Studi terhadap Aktivitas Bepergian Masyarakat Kampung Adat Kuta)
Siska Ryane Muslim1), Mega Nur Prabawati2) (hal. 106-110)
-->view file

Kontribusi Motivasi Berdasarkan Latar Belakang Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa
Witri Nur Anisa1), Ratna Rustina2) (hal. 111-116)
-->view file

Kemampuan Literasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Tasikmalaya
Mega Nur Prabawati (hal. 117-122)
-->view file

Pengaruh Sikap Siswa Mengenai Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 6 Garut)
Nitta Puspitasari (hal. 123-134)
-->view file

Analisis Pemecahan Masalah Mahasiswa Melalui Teknik Konjekturing dengan Bantuan Geometers’ Sketchpad Dan Geogebra: Mencari Lintasan Terpendek
Ipah Muzdalipah1), Eko Yulianto2) (hal. 135-144)
-->view file

Nilai Karakter dan Tinjauan Etnomatematika pada Budaya “Nyambungan” Masyarakat Dayeuhluhur
Eko Yulianto1), Cucu Arumsari2) (hal. 145-156)
-->view file

Didactical Design Research Konsep Luas dan Keliling Jajargenjang pada Pembelajaran Matematika SMP
Ani Nuriyani1), Nani Ratnaningsih2) (hal. 157-167)
-->view file

Keserupaan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Pembelajaran Matematika Kontekstual
Beni Yusepa, G.P. (hal. 168-178)
-->view file

Binary Time Series
Septiadi Padmadisastra1), Gumgum Dharmawan2) (hal. 179-182)
-->view file

Pengaruh Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik terhadap Kemandirian Belajar Matematika Mahasiswa
Depi Setialesmana1), Yeni Heryani2) (hal. 183-189)
-->view file