Roadmap Research Group Literasi Matematis

Pendahuluan

Kelompok Keahlian Literasi Matematis memiliki peta riset dan inovasi yang bergerak dari riset dasar, riset pengembangan, dan riset terapan. Fokus kajian riset dasar meliputi literasi dan numerasi. Fokus kajian riset pengembangan meliputi mendesain instrumen numerasi, mendesain instrumen literasi matematis berdasarkan kerangka PISA, mengembangkan media dan/atau bahan ajar berorientasi literasi matematis/numerasi, mendesain pembelajaran berorientasi literasi matematis/numerasi, dampak dan persepsi siswa dan guru terhadap literasi matematis dalam pembelajaran, profiling numerasi/literasi matematis siswa.

Tim Kelompok Keahlian

Dr. Supratman, Drs., M.Pd.

[email protected]

Fokus Riset:

Edi Hidayat, Drs., M.Pd.

[email protected]

Fokus Riset:

Vepi Apiati, S.Pd., M.Pd.

[email protected]

Fokus Riset:

Linda Herawati, S.Pd., M.Pd.

[email protected]

Fokus Riset:

Elis Nurhayati, S.Pd., M.Pd.

[email protected]

Fokus Riset:

Muhamad Zulfikar Mansyur, S.Pd., M.Pd.

[email protected]

Fokus Riset:

 

Daftar Judul Penelitian

  1. Anggraini, D., Prabawati, M. N., & Herawati, L. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Pada Siswa SMP Negeri 1 Ciamis Ditinjau Dari Self-Efficacy. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 5(2), 697-706.
  2. Anggraeni, D., Supratman, S., & Prabawati, M. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 Untuk Mengeksplor Kemampuan Literasi Matematis. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 180-190.
  3. Fariz, M., Setialesmana, D., & Nurhayati, E. (2024). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Change and Relationship Ditinjau dari Kesadaran Metakognitif. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 205-216.
  4. Husna, U. Z., Nurhayati, E., & Mansyur, M. Z. (2022). Analisis Kemampuan Lilterasi Matematis Siswa pada Materi Perbandingan. Jurnal Kongruen, 1(1).
  5. Mansyur, M., & Isnawati, H. (2022). Pembelajaran Literasi Sekolah Dasar. Penerbit P4I.
  6. Nurmaulidiyah, N., Apiati, V., & Nurhayati, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Smk Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Lumio By Smart. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 175-182.
  7. Purnomo, J. T., Hidayat, E., & Mulyani, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Materi Statistika Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Kongruen, 1(4), 348-358.