Profil Riset Kelompok Pendekatan, Media, dan Teknologi Pembelajaran Matematika (PMTPM)
Roadmap Research Group Pendekatan, Media, dan Teknologi Pembelajaran Matematika (PMTPM)
Pendahuluan
Kelompok Keahlian Pendekatan, Media, dan Teknologi Pembelajaran Matematika memiliki peta riset dan inovasi yang bergerak dari riset dasar, riset pengembangan, dan riset terapan. Fokus kajian riset dasar meliputi pengembangan dan eksplorasi konsep-konsep teori terkait pendekatan pembelajaran matematika, media pembelajaran, dan teknologi pendidikan. Fokus kajian riset pengembangan meliputi pengembangan produk baru, seperti aplikasi pembelajaran, perangkat lunak pendidikan, atau media interaktif yang dapat mendukung pengajaran matematika. Selanjutnya, pada tahap riset terapan berfokus pada menguji efektivitas berbagai pendekatan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran interaktif, dan teknologi baru dalam pembelajaran matematika.
Riset Terkini
Riset Terkini Kelompok Keahlian Etnomatematika dengan judul Integrasi Penggunaan Teknologi Virtual Reality dalam Sajian Studi Kasus pada Perkuliahan Pemodelan Matematika dan Etnomatematika
Tim Kelompok Keahlian
Dr. Diar Veni Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Fokus Riset:
Google Scholar | SINTA | SCOPUS | PDDIKTI | Penelitian | Pengabdian | HaKI
Dr. Khomsatun Ni’mah, S.Pd., M.Pd.
Fokus Riset:
Google Scholar | SINTA | SCOPUS | PDDIKTI | Penelitian | Pengabdian | HaKI
Dr. Puji Lestari, S.Si., M.Pd.
Fokus Riset:
Google Scholar | SINTA | SCOPUS | PDDIKTI | Penelitian | Pengabdian | HaKI
Satya Santika, S.Pd., M.Pd.
Fokus Riset:
Google Scholar | SINTA | SCOPUS | PDDIKTI | Penelitian | Pengabdian | HaKI
Depi Ardian Nugraha, S.Pd., M.Pd.
Fokus Riset:
Google Scholar | SINTA | SCOPUS | PDDIKTI | Penelitian | Pengabdian | HaKI
Ratna Rustina, S.Pd., M.Pd.
Fokus Riset:
Google Scholar | SINTA | SCOPUS | PDDIKTI | Penelitian | Pengabdian | HaKI
Redi Hermanto, S.Pd., M.Pd.
Fokus Riset:
Google Scholar | SINTA | SCOPUS | PDDIKTI | Penelitian | Pengabdian | HaKI
Daftar Judul Penelitian
- Ratna Yestina, Nani Ratnaningsih, Khomsatun Ni’mah, Meta-Analisis Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. FONDATIA 8.1 (2024): 1-20.
- Nabila Nurhaliza Ali, Puji Lestari, Diar Veni Rahayu, Kesulitan Siswa SMP Pada Pembelajaran Geometri Materi Bangun Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 3.1 (2023): 139-146.
- Tanya Wulansari, and Depi Ardian Nugraha., Analisis Peningkatan Prestasi Belajar dan Self-efficacy Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 68-82.
- Laela Nur Rokhmawati, Diar Veni Rahayu, Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Jarak Dalam Ruang Berbantuan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra, 2023, Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 5(1), 66-76.
- Salwa Zakiyah Ruhma, Nani Ratnaningsih, Diar Veni Rahayu, Analisis kesulitan Siswa dalam memecahkan masalah pada materi persamaan kuadrat berdasarkan prosedur Polya. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika 12.2 (2023): 139-152.
- Salwa Zakiyah Ruhma, Nani Ratnaningsih, Diar Veni Rahayu, Analisis kesulitan Siswa dalam memecahkan masalah pada materi persamaan kuadrat berdasarkan prosedur Polya. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika 12.2 (2023): 139-152.
- Laela Nur Rokhmawati, Nani Ratnaningsih, Khomsatun Ni’mah, ATURAN PENJUMLAHAN DAN PERKALIAN DALAM KAIDAH PENCACAHAN: BAGAIMANAKAH DESAIN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY BERBASIS RME?, 2023, JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 6 (3), 937-950
- Karsim, Nani Ratnaningsih, Diar Veni Rahayu, PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 5(1), 8-19.
- Komara, Supratman, Puji Lestari, Pengembangan Digibook Transformasi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Mengoptimalkan Kemampuan Representasi Gambar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 7.2 (2023): 1451-1468.
- Manzilatussyifa Manzilatussyifa, Redi Hermanto, Yeni Heryani, Pengaruh model pembelajaran flipped classroom dalam jaringan terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari self confidence siswa kelas X IPS SMA Negeri di kecamatan Cempaka Putih Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah 5.1 (2021): 12-18.
- Sugeng Sungkono, Vepi Apiati, Satya Santika, Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality, 2022, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459-470
- Diar Veni Rahayu, Dedi Muhtadi, Irwan Muhammad Ridwan, Pedagogical content knowledge guru dalam pembelajaran matematika daring, 2022, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 281-292
- Ima Tresnasih, Nani Ratnaningsih, Diar Veni Rahayu, Analisis Numerasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal AKM, 2022, Prisma, 11(2), 478-486
- Nani Ratnaningsih, Fanny Ahmad Fauzi, Puji Lestari, Pengembangan digibook barisan dan deret berbasis anyflip untuk mengeksplor kemampuan berpikir komputasional peserta didik, 2022, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 6 (1), 191-203
- Ratnaningsih, Depi Ardian Nugraha, Siska Ryane Muslim, Analisis Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gender Perempuan, 2022, Jurnal Kongruen, 1(1), 43-47.
- Dede Fajriadi, Rudi Priyadi, Diar Veni Rahayu, Pengembangan media pembelajaran geogebra book materi dimensi tiga, 2022, Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 453-466.
- Arif Nasrulloh, Muhammad, Supratman, Veni Rahayu, Diar, Nasrulloh, Muhammad Arif. Proses Berpikir Divergen Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau Dari Habits Of Mind. Diss. Universitas Siliwangi, 2021.
- Muhammad Itang Hidayat, Supratman Supratman, Puji Lestari, Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dan Self-Efficacy Siswa Pesantren dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri, 2022, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2099-2109.
- Aji Qomara, Nani Ratnaningsih, Satya Santika, Analisis Kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian Carl Gustav Jung. Jurnal Kongruen 1 (2), 189-193
- Via Siti Humaeroh, Diar Veni Rahayu, Penggunaan Bahan Ajar Etnomatematika Batik Nusantara pada Pembelajaran Geometri Bidang di Sekolah Dasar. Jurnal Kongruen 1.4 (2022): 372-378.
- Ipah Muzdalipah, Edi Hidayat, Ratna Rustina, Linda Herawati, Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Sebagai Media Tanam Aquaponik Di Pekarangan Dalam Upaya Mendukung Ketahanan Pangan, 2022, Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 149-155
- Eva Mulyani, Redi Hermanto, Ike Nattalliasari, Tiara Rahmawati Nur, Ekplorasi Literasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA). Teorema: Teori dan Riset Matematika 7.1 (2022): 129-138.
- Muhammad Arif Nasrulloh, Supratman, Diar Veni Rahayu, PROSES BERPIKIR DIVERGEN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI HABITS OF MIND, 2022, JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 15(1), 36-57.
- Puji Lestari, Nani Ratnaningsih, Sinta Verawati Dewi, Designing digibook math to develop computational thinking: A case study from vocational students. (2022), Prosiding Konferensi AIP 2566 (1).
- Nurlatifah Lesmana, Belda, Supratman, Veni Rahayu, Diar, Defragmentation of The False-Pseudo Thinking Process of Students in Solving Mathematical Connection Ability Problems. MATHLINE 7 (2), 250-268
- Devi Destiana, Syska Ryane Muslim, Ratna Rustina, Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Tipe Kepribadian Artisan dan Idealist. Jurnal Kongruen 1.1 (2022): 48-54.
- Linda Herawati Risak Nurmalasari, Ratna Rustina, Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Diss. Universitas Siliwangi, 2022.
- Belda Nurmultiefa Lesmana, Supratman Supratman, Diar Veni Rahayu, Defragmentation of The False-Pseudo Thinking Process of Students in Solving Mathematical Connection Ability Problems: Defragmentasi Proses Berpikir Pseudo Salah Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Koneksi Matematis. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 7.2 (2022): 250-268.
- Redi Hermanto, Eva Mulyani, Ike Natalliasari, Tiara Rahmawati Nur, Ekplorasi Literasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA), 2022, Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 129-138
- Jujun Muhamad Jubaerudin, Supratman Supratman, Satya Santika, Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi, 2021, Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 178-189
- Nani Ratnaningsih, Sofia Nida Khoerunnisa, Puji Lestari, Pengembangan Digibook Trigonometri Berbasis Flip PDF untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik, 2021, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3082-3096.
- Ipah Muzdalipah, Ratna Rustina, Hetty Patmawati, Eko Yulianto, Analisis literasi matematis peserta didik berdasarkan dominasi otak, 2021, Teorema: Teori dan Riset Matematika 6 (2)
- Marjan Marjan, Nani Ratnaningsih, Diar Veni Rahayu, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Game Berbasis Adobe Flash Pro CS6 Untuk Mengeksplor Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik, 2021, JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 378-395.
- Nani Ratnaningsih, Risma Nurmalasari, Puji Lestari, Analisis proses berpikir reflektif matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian guardian, artisan, rational, dan idealist, 2022, AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 20-39.
- Depi Ardian Nugraha, Muhamad Zulfikar Mansyur, Pembelajaran Metacognitive Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah, 2021, Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 2(2), 214-224
- Nani Ratnaningsih, Evi Latifatus Sirri, Puji Lestari, Is android-based learning media effective for exploring students’ spatial ability?, 2021, Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 7(2), 149-160.
- Denih Handayani, Diar Veni Rahayu, Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan ispring dan apk builder untuk pembelajaran matematika kelas x materi proyeksi vektor, 2020, Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 5 (1), 12-25
- Vepi Apiati, Redi Hermanto, Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar, 2020, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9 (1), 167-178
- Evi Latifatus Sirri, Puji Lestari, Implementasi edpuzzle berbantuan whatsapp group sebagai alternatif pembelajaran daring pada era pandemi, 2020, JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 5 (2), 67-72
- Ucu Rosmiati, Puji Lestari, Inovasi model Pembelajaran PBI (Problem Based instruction) berbasis Whatsapp sebagai langkah solutif pembelajaran di masa pandemi Covid-19, 2021, JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 5 (1), 188-197
- Lia Yulianah, Khomsatun Ni’mah, Diar Veni Rahayu, Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berbantuan media schoology, 2020, Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 7 (1), 39-45
- Kundharu Saddhono, Puji Lestari, Yuliana Sari, Aspects of literacy in vision and mission of university libraries in Indonesia. Library Philosophy and Practice, 1-13.
- Dedi Muhtadi, Redi Hermanto, & Aep Sunendar, How do students promote mathematical argumentation through guide-redirecting warrant construction?, 2020, Journal of Physics: Conference Series 1613 (1), 012031
- Depi Ardian Nugraha, Satya Santika, Distribusi Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi pada Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019, 2020, Prisma 9 (1), 20-36
- Supratman, Ratna Rustina, Yeni Heryani, Non-empirical Induction in mathematics conjecturing in the new knowledge construction. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1613, No. 1, p. 012044). IOP Publishing.
- Depi Ardian Nugraha, Pengaruh Gender Dan Rombongan Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Boarding School. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 232-241.