Capaian Pembelajaran pada Kompetensi Sikap (S)

Kompetensi Capaian Pembelajaran
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap yang religius
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggung jawab pada negara dan bangsa
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S11 Menginternalisasi nilai-nilai keunggulan, jujur, kompetitif, dan kepemimpinan dalam berbagai aktivitas

Capaian Pembelajaran pada Kompetensi Pengetahuan (P)

Kompetensi Capaian Pembelajaran
P1 Menguasai konsep dan prinsip pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS
P2 Menguasai konsep dan prinsip pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS
P3 Menguasai konsep dan prinsip pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melakukan evaluasi pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS
P4 Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah
P5 Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya
P6 Menguasai metodologi penelitian pendidikan matematika
P7 Menguasai konsep dan prinsip publikasi karya ilmiah untuk mempublikasikan hasil penelitian pendidikan matematika dalam jurnal ilmiah
P8 Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan berbasis TIK untuk mengelola pembelajaran matematika yang lebih berkualitas
P9 Memiliki pengetahuan dasar untuk perancangan media pembelajaran inovatif berbasis TIK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika

Capaian Pembelajaran pada Kompetensi Keterampilan Umum (KU)

Kompetensi Capaian Pembelajaran
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
KU4 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil ujian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran pada Kompetensi Keterampilan Khusus (KK)

Kompetensi Capaian Pembelajaran
KK1 Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogik matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup/life skill.
KK2 Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogik matematika serta keilmuan matematika untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup/ life skill.
KK3 Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogik matematika serta keilmuan matematika untuk melakukan evaluasi pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup/ life skill.
KK4 Mampu mengaplikasikan konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah.
KK5 Mampu mengaplikasikan konsep matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya.
KK6 Mampu mengaplikasikan konsep metodologi penelitian Pendidikan Matematika untuk merancang, melaksanakan, melaporkan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Pendidikan Matematika
KK7 Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip publikasi karya ilmiah untuk mempublikasikan hasil penelitian Pendidikan Matematika dalam jurnal ilmiah.
KK8 Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar kewirausahaan berbasis TIK untuk mengelola pembelajaran matematika yang berkualitas.
KK9 Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar untuk perancangan media pembelajaran inovatif berbasis TIK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika
KK10 Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data berbasis TIK.