Standar Kompetensi Lulusan
Capaian Pembelajaran pada Kompetensi Sikap (S)
Kompetensi | Capaian Pembelajaran | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap yang religius | |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika | |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila. | |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggung jawab pada negara dan bangsa | |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain | |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | |
S11 | Menginternalisasi nilai-nilai keunggulan, jujur, kompetitif, dan kepemimpinan dalam berbagai aktivitas |
Capaian Pembelajaran pada Kompetensi Pengetahuan (P)
Kompetensi | Capaian Pembelajaran | |
P1 | Menguasai konsep dan prinsip pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS | |
P2 | Menguasai konsep dan prinsip pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS | |
P3 | Menguasai konsep dan prinsip pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melakukan evaluasi pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS | |
P4 | Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah | |
P5 | Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya | |
P6 | Menguasai metodologi penelitian pendidikan matematika | |
P7 | Menguasai konsep dan prinsip publikasi karya ilmiah untuk mempublikasikan hasil penelitian pendidikan matematika dalam jurnal ilmiah | |
P8 | Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan berbasis TIK untuk mengelola pembelajaran matematika yang lebih berkualitas | |
P9 | Memiliki pengetahuan dasar untuk perancangan media pembelajaran inovatif berbasis TIK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika |
Capaian Pembelajaran pada Kompetensi Keterampilan Umum (KU)
Kompetensi | Capaian Pembelajaran | |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya | |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur | |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni | |
KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil ujian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data | |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya | |
KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya | |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri | |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Capaian Pembelajaran pada Kompetensi Keterampilan Khusus (KK)
Kompetensi | Capaian Pembelajaran | |
KK1 | Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogik matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup/life skill. | |
KK2 | Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogik matematika serta keilmuan matematika untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup/ life skill. | |
KK3 | Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogik matematika serta keilmuan matematika untuk melakukan evaluasi pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup/ life skill. | |
KK4 | Mampu mengaplikasikan konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah. | |
KK5 | Mampu mengaplikasikan konsep matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya. | |
KK6 | Mampu mengaplikasikan konsep metodologi penelitian Pendidikan Matematika untuk merancang, melaksanakan, melaporkan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Pendidikan Matematika | |
KK7 | Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip publikasi karya ilmiah untuk mempublikasikan hasil penelitian Pendidikan Matematika dalam jurnal ilmiah. | |
KK8 | Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar kewirausahaan berbasis TIK untuk mengelola pembelajaran matematika yang berkualitas. | |
KK9 | Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar untuk perancangan media pembelajaran inovatif berbasis TIK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika | |
KK10 | Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data berbasis TIK. |