822 Mahasiswa KKN Unsil Diterjunkan ke Desa-desa

Universitas Siliwangi (13/07/2017). Unsil kembali menerjunkan mahasiswanya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kali ini 822 Mahasiswa Unsil dari berbagai Fakultas dilepas untuk melaksanakan KKN Tematik di kota dan kabupaten Tasikmalaya. Hal ini diungkapkan oleh Ketua pelaksana Yusup Supriyono, S.Pd., M.Pd., saat menyampaikan laporan kepada dalam acara Pelepasan Mahasiswa KKN Unsil periode 2 TA 2016/2017 di Lapangan Utama Unsil, Rabu (13/07).

Tema sentral KKN TA 2016/2017 ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui KKN Tematik untuk Mendukung Peningkatan IPM Kabupaten Tasikmalaya”. Topik kegiatan KKN diarahkan dan diselaraskan dengan program pemberdayaan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dengan memfokuskan pada topik peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) yakni, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan dan peningkatan daya beli.

Dengan melibatkan 21 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), mahasiswa akan ditempatkan di 5 kecamatan di kabupaten Tasikmalaya dan 3 kecamatan di kota Tasikmalaya. Turut hadir Walikota Tasikmalaya, Bupati Tasikmalaya  beserta yang mewakilinya,  diikuti jajaran camat di Kabupaten Tasikmalaya, serta dekan fakultas dan perwakilan dosen Universitas Siliwangi.

Mewakili Rektor, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ade Komaludin, S.E., M.Sc., secara resmi melepas para mahasiswa KKN yang ditandai dengan pemakaian topi KKN kemudian dilanjutkan dengan penyerahan peserta KKN secara simbolis dari Wakil Rektor III dan Ketua LPPM Unsil kepada Walikota dan Bupati Tasikmalaya. Dalam sambutannya Dr. Ade Komaludin, S.E., M.Sc., berpesan kepada para mahasiswa KKN untuk mengabdi serta memberikan manfaat kepada masyarakat. “Selama pelaksanaan KKN mahasiswa akan merasakan potret kehidupan yang sebenarnya serta memanfaatkan peluang untuk mengabdi dan memberikan manfaat kepada masyarakat” jelasnya. Dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh Dr. Ade Komaludin, S.E., M.Sc., kepada Bupati Tasikmalaya  beserta yang mewakilinya yang nantinya akan ditanam di lokasi KKN. Acara diakhiri dengan pembacaan do’a diikuti oleh pemberangkatan mahasiswa KKN.

(Humas Unsil)

[envira-gallery id=”6965″]