Unsil Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Universitas Siliwangi (30/10/2017). Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Unsil melaksanakan upacara di Lapangan Utama Universitas Siliwangi. Upacara dimulai pukul 07.30 WIB, diikuti oleh Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa berjalan dengan hikmat dan lancar.

Selaku Pembina Upacara, Prof. Dr. H. Deden Mulyana, S.E., M.Si., membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi yang mengusung tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”.

Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa Sumpah Pemuda ke-89 ini sudah seharusnya tidak saja hanya menjadi momen peringatan bagi kita,┬ánamun menjadi saat yang tepat untuk merefleksikan kembali perjuangan yang telah dilakukan para pemuda 1928. “Dengan kemudahan teknologi dan sarana transportasi yang kita miliki hari ini, seharusnya lebih mudah membuat kita berkumpul, bersilaturahmi, dan berinteraksi sosial”.

Untuk itu, dengan kemudahan teknologi dan infrastruktur saat ini, generasi muda Indonesia seharusnya lebih mampu menjaga persatuan dan kesatuan. Melalui pidatonya, Menpora mengajak generasi muda untuk menghentikan segala tindak perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa.

“Dalam sebuah kesempatan, presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan: “jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir.”, tulis Menpora.

(Humas Unsil)

[envira-gallery id=”7731″]